بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
Catatan singkat; contoh takhsish As-Sunnah dengan As-Sunnah yaitu seperti hadits-hadits yang berbicara mengenai bid'ah.
Yang banyak kita temui tentang hadits yang berbicara mengenai bid'ah itu adalah hadits-hadits yang bersifat umum, namun kadang dipaksakan untuk menghukumi perkara khusus oleh beberapa kalangan. Hadits yng bersifat umum yang berbicara mengenai bid'ah telah ditakhshih oleh Hadist lainnya.
كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة.
"setiap yang diada-adakan adalah bid'ah dan setiap bid'ah adalah sesat"Hadits diatas bersifat umum, jadi menyangkut semua perkara baru yang tidak ada pada masa Rasulullah, apa saja baik yang berupa perkara duniawi, agama, adat atau yang lainnya. Melihat keumuman hadits ini, sangat tidak mungkin jika tetap diberlakukan keumumannya apa adanya.
Kemudian ada hadits lain yang berbicara seperti ini,
من سن في الإسلام سنة حسنة كان له أجرها وأجر من عمل بها من بعده من غير أن ينقص من أجورهم شيء ومن سن في الإسلام سنة سيئة كان عليه وزرها ووزر من عمل بها من بعده من غير أن ينقص من أوزارهم شيء
a-Imam al-Hafidz al-Qurthubi mengatakan didalam kitab tafsirnya bahwa hadits ini mengisyaratkan adanya bid'ah baik dan bid'ah buruk,
قلت : وهو معنى قوله صلى الله عليه وسلم في خطبته : "وشر الأمور محدثاتها وكل بدعة ضلالة" يريد ما لم يوافق كتابا أو سنة ، أو عمل الصحابة رضي الله عنهم ، وقد بين هذا بقول : "من سن في الإسلام سنة حسنة كان له أجرها وأجر من عمل بها من بعده من غير أن ينقص من أجورهم شيء ومن سن في الإسلام سنة سيئة كان عليه وزرها ووزر من عمل بها من بعده من غير أن ينقص من أوزارهم شيء" . وهذا إشارة إلى ما ابتدع من قبيح وحسن
Oleh karena itu hadits pertama yang bersifat umum diatas ditakhsish dengan hadits ini. Maka sebenarnya yang dimaksud oleh hadits yang pertama adalah bid'ah yang buruk/sayyi'ah/madzmumah.
al-Imam Hujjatul Islam al-Hafidz an-Nawawi juga mengatakan bahwa hadits "كل بدعة" telah ditakhshish dengan hadits "من سن", dijelaskan didalam Al-Minhaj Syarah Shahih Muslim.
من سن في الاسلام سنة حسنة فله أجرها ) إلى آخره فيه الحث على الابتداء بالخيرات وسن السنن الحسنات والتحذير من اختراع الاباطيل والمستقبحات وسبب هذا الكلام في هذا الحديث أنه قال في أوله فجاء رجل بصرة كادت كفه تعجز عنها فتتابع الناس وكان الفضل العظيم للبادى بهذا الخير والفاتح لباب هذا الاحسان وفي هذا الحديث تخصيص قوله صلى الله عليه و سلم كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة وأن المراد به المحدثات الباطلة والبدع المذمومة وقد سبق بيان هذا في كتاب صلاة الجمعة وذكرنا هناك أن البدع خمسة أقسام واجبة ومندوبة ومحرمة ومكروهة ومباحة
Ada hadits lainnya juga telah mentakhsish hadits-hadits yang berbicara mengenai bid'ah secara umum, sebagaimana hadits riwayat al-Imam at-Tirmidzi.
أن النبي صلى الله عليه وسلم قال لبلال بن الحارث اعلم قال : ما أعلم يا رسول الله ؟ قال إنه من أحيا سنة من سنتي قد أميتت بعدي فإن له من الأجر مثل من عمل بها من غير أن ينقص من أجورهم شيئا ومن ابتدع بدعة ضلالة لا يرضاها الله ورسوله كان عليه مثل آثام من عمل بها لا ينقص ذلك من أوزار الناس ( في رواية من آثام الناس ) شيئا
الراوي: عمرو بن عوف المزني - خلاصة الدرجة: حسن - المحدث: الترمذي - المصدر: سنن الترمذي - الصفحة أو الرقم: 2677
الراوي: عمرو بن عوف المزني - خلاصة الدرجة: حسن - المحدث: الترمذي - المصدر: سنن الترمذي - الصفحة أو الرقم: 2677
Hadis ini menyatakan bahwa yang tidak diridhai oleh Allah adalah bid'ah dlolalah. Maka, mafhumnya jika bid'ahnya itu baik tentu saja diridhai.
Wallahu'alam
al-Faqir Ats-Tsauriy
0 Response to "Contoh Takhshish As-Sunnah dengan As-Sunnah"
Posting Komentar