Latest Updates

Al-Ghayah wa at-Taqrib : Shalat Hari Raya ('Ied)

فصل) وصلاة العيدين سنة مؤكدة وهي: ركعتان يكبر في الأولى سبعا سوى تكبيرة الإحرام وفي الثانية خمسا سوى تكبيرة القيام. ويخطب بعدها خطبتين يكبر في الأولى تسعا وفي الثانية سبعا. ويكبر من غروب الشمس من ليلة العيد إلى أن يدخل الإمام في الصلاة وفي الأضحى خلف الصلوات المفروضات من صبح يوم عرفة إلى العصر من آخر أيام التشريق
(Fhaslun) Hukum shalat ‘idayn (‘idul Fitri dan ‘idul Adlhaa) adalah sunnah Muakkadah, jumlah raka’atnya adalah 2 raka’at, takbir yang pada raka’at pertama sebanyak 7 kali selain takbiratul Ihram, dan para raka’at kedua sebenyak 5 kali selain takbir untuk berdiri (takbir intiqal). Khutbah dilakukan setelahnya (setelah shalat) dengan 2 kali khutbah, pada khutbah yang pertama bertakbir sebanyak 9 kali dan pada khutbah yang kedua sebanyak 7 kali. Dan sunnah bertakbir sejak terbenamnya matahari pada malam ‘Id (hari raya) sampai Imam melakukan shalat (‘Id)dan pada ‘idul Adlhaa mengiringi shalat-shalat fardlu sejak shalat shubuh hari ‘Arafah sampai waktu ‘Asar pada akhir hari tasyrik.


Syarah :


(فصل): وصلاة العيدين أي الفطر والأضحى (سنة مؤكدة) وتشرع جماعة ولمنفرد ومسافر وحر وعبد وخنثى، وامرأة لا جميلة ولا ذات هيئة، أما العجوز فتحضر العيد في ثياب بيتها بلا طيب، ووقت صلاة العيدين ما بين طلوع الشمس وزوالها (وهي) أي صلاة العيد (ركعتان) يحرم بهما بنية عيد الفطر أو الأضحى ويأتي بدعاء الافتتاح و (يكبر في) الركعة (الأولى سبعاً سوى تكبيرة الإحرام) ثم يتعوذ ويقرأ الفاتحة، ثم يقرأ بعدها سورة ق جهراً (و) يكبر (في) الركعة (الثانية خمساً سوى تكبيرة القيام) ثم يتعوذ ثم يقرأ الفاتحة وسورة اقتربت جهراً
Fashlun : Shalat ‘idayn yaitu ‘idul Fitri dan ‘idul Adlhaa. Hukumnya sunnah Muakkad, dan laksanakan dengan berjama’ah, bagi yang sendirian, musafir, merdeka, budak, waria, wanita tidak cantik yang tidak memiliki tingkah laku yang centil, adapun bagi yang lemah, maka juga hadir berhari raya dengan pakaian dirumahnya tanpa menggunakan wangi-wangian.

Waktu shalat ‘id adalah dimulai dari terbitnya matahari sampai tergelincirnya matahari. Shalat ‘id dilakukan sebanyak 2 raka’at, hendaknya bertakbir dengan niat shalat ‘idul Fitri dan ‘idul Adlhaa, dilanjutkan dengan do’a iftitah.

Raka’at pertama bertakbir sebanyak 7 kali selain takbiratul Ihram, kemudian membaca ta’awwud, dan membaca al-Fatihah, kemudian membaca surat Qaaf (ق) dengan nyaring (jahar).

Raka’at kedua bertakbir sebanyak 5 kali selain takbir untuk berdiri (dari duduk), kemudian membaca ta’awwud, kemudian membaca sufah al-Fatihah dan surah اقتربت dengan nyaring (jahar).

(ويخطب) ندباً (بعدهما) أي الركعتين (خطبتين يكبر في) ابتداء (الأولى تسعاً) ولاء (و) يكبر (في) ابتداء (الثانية سبعاً) ولاء، ولو فصل بينهما بتحميد وتهليل وثناء كان حسناً
Berkhutbah dengan 2 kali khutbah hukumnya sunnah, dilakukan setelah selesai shalat ‘id, pada permualaan khutbah yang pertama bertakbir sebanyak 9 kali dengan disegerakan, sedangkan para permulaan khutbah yang kedua bertakbir sebanyak 7 kali dengan disegerakan. Apabila khatib memisahkan antara kedua khutbah dengan tahmid, tahlil, dan sanjungan-sanjungan, maka hal itu adalah bagus.

، والتكبير على قسمين: مرسل وهو ما لا يكون عقب صلاة. ومقيد وهو ما يكون عقبها. وبدأ المصنف بالأول فقال (ويكبر) ندباً كل من ذكر وأنثى وحاضر ومسافر في المنازل، والطرق والمساجد والأسواق. (من غروب الشمس من ليلة العيد) أي عيد الفطر ويستمر هذا التكبير (إلى أن يدخل الإمام في الصلاة) للعيد ولا يسن التكبير ليلة عيد الفطر عقب الصلوات، ولكن النووي في الأذكار اختار أنه سنة.
Takbir dibagi menjadi 2 ; pertama, takbir Mursal yaitu takbir yang tidak mengiringi shalat. kedua, takbir Muqayyad yaitu takbir yang mengiringi shalat. Mushannif akan memulai membahas yang pertama, maka mushannif katakan, disunnahkan bertakbir bagi setiap laki-laki, wanita, baik yang hadir (dirumah) maupun yang dalam perjalanan (musafir) diberbagai tempat, jalan-jalan, masjid-masjid dan pasar-pasar, mulai terbenamnya matahari pada malam ‘id (malam ‘idul fitri) dan terus-menerus bertakbir hingga Imam memulai shalat ‘id. Tidak disunnahkan bertakbir mengiringi shalat pada malam ‘idul Fitri, tetapi Imam an-Nawawi didalam kitab al-Adzkar memilih pendapat yang sunnah (qaul Mukhtar).

ثم شرع في التكبير المقيد فقال (و) يكبر (في) عيد (الأضحى خلف الصلوات المفروضات) من مؤداة وفائتة وكذا خلف راتبة، ونفل مطلق وصلاة جنازة (من صبح يوم عرفة إلى العصر من آخر أيام التشريق).
Selanjutnya mushannaif mulai membaca takbir Muqayyad, maka mushannif berkata : pada ‘idul Adlhaa bertakbir mengiringi shalat-shalat fardlu, seperti itu mengiringi shalat-shalat sunnah rawatib, shalat sunnah mutlak dan shalat jenazah sejak waktu shubuh pada hari ‘Arafah sampai waktu ‘Asar di akhir hari tasyrik.

وصيغة التكبير: الله أكبر الله أكبر الله أكبر لا إله إلا الله والله أكبر الله أكبر ولله الحمد الله أكبر كبيراً والحمد لله كثيراً وسبحان الله بكرة وأصيلاً، لا إله إلا الله وحده صدق وعده ونصر عبده وأعز جنده وهزم الأحزاب وحده.
Shighat takbir adalah “Allahu Akbar Allahu Akbar Allahu Akbar, Laa ilaaha illaallahu waLlahu Akbar, Allahu Akbar waliLlaahil-hamd, Allahu Akbar kabiiran wal hamdulillahi katsiiran wa subhanallai bukratan wa ashiilan, Laa ilaaha ilLallahu wahdahu, shadaqa wahdahu, wa nashara ‘abdahu, wa a’azza jundahuu wa ‘hazamal ahzaaba wahdahu”.

1 Response to "Al-Ghayah wa at-Taqrib : Shalat Hari Raya ('Ied)"

Rizki Apriansyah mengatakan...

Masyaa Allah...
bagus2 banget isi dari blog antum...

website ane www.pecintaislam.com
aja belum bisa seperti blog antum ini... :)

Posting Komentar

Media Islam

Thariqat Sarkubiyah

NU Online