Latest Updates

Syaikh Yusuf al-Qaradlawi ; al-Azhar asy-Syarif, az-Zaituniyah, ad-Deoband, Nadwah al-‘Ulama, Madrasah Pakistan & Seluruh Alam Adalah Asy’ari



عقيدة الأزهر

وردا على سؤال آخر من أحد الحضور جاء فيه: "بعض الناس يطعن في عقيدة الأزهر الشريف، فما رد فضيلتكم على هذا الكلام؟"
Aqidah al-Azhar : telah ada pertanyaan lain dari salah seorang yang hadlir bahwa “sebagian masyarakat mengkritik tentang aqidah al-Azhar asy-Syarif, maka apakah jawab anda yang terhormat tentang perkataan semacam ini ?”

قال الشيخ القرضاوي بنبرة استفهام ساخرة: "عقيدة الأزهر الشريف؟!"
Syaikh al-Qaradlawi berkata dengan berupa pernyataan yang mengagumkan terkait “Aqidah al-Azhar asy-Syarif”.

ورأى أن من يقول ذلك "فهو يطعن في الأشعرية"، وتابع: "ليس الأزهر وحده أشعريا.. الأمة الإسلامية أشعرية.. الأزهر أشعري والزيتونة أشعري والديوباندي (بالهند) أشعري وندوة العلماء أشعرية ومدارس باكستان أشعرية.. وكل العالم الإسلامي أشعرية".
Saya telah melihat bahwa orang mengatakan demikian “adalah orang yang mengkritik tentang al-Asy’ariyah”, kemudian beliau berkata : “al-Azhar bukan satu-satunya yang berpaham Asy’ariah. .. Umat Islamiyah adalah Asy’ariyah, al-Azhar adalah Asy’ariy, az-Zaituniyyah adalah Asy’ari, ad-Deobandi (di India) adalah Asy’ari, Nadwah al-‘Ulama adalah Asy’ari, madrasah-madrasah di Pakistan adalah Asy’ari, hingga seluruh dunia Islam (mayoritas) adalah Asy’ariyah”.

وأشار إلى أنه حتى الأشعرية موجودة بالسعودية التي تعد مركز السلفية الوهابية، وقال: "السلفيون مجموعة صغيرة، حتى إذا قلنا السعودية فليس كل السعودية سلفيين، فالحجازيون غير النجديين غير المنطقة الشرقية غير منطقة جيزان وهكذا".
Beliau juga mengisyaratkan hingga Asy’ariyah juga terdapat di negeri Saudi yang dianggap sebagai markas salafiyah al-Wahabiyah, beliau berkata : “Salafiyah (Wahabi) hanya segelitir saja (minoritas), hingga apabila kita katakan Saudi, maka bukan seluruh Saud adalah Salafy (Wahabi). Penduduk Hijaz (Asy’ariy) selain Najed, (penduduk Nejd) pun yang bukan bagian timur, (yang bagian timur) pun bukan seperti di wilayah Jizan, begitulah seterusnya”

وأضاف: "فإذا أخذنا بالأغلبية، فإن أغلبية الأمة أشعرية.. هذه كلها اجتهادات في فروع العقيدة، والكل متفق على شهادة أن لا اله إلا الله وأن محمد رسول الله وعلى النبوة في الإيمان بالله وكتبه ورسله وفي اليوم الآخر".
Beliau menambahkan : apabila kita mengambil perkiraan, maka sesungguhnya mayoritas umat adalah ‘Asyariyah, ini semuanya hanya ijtihad-ijtihad dalam masalah cabang aqidah (furu’ aqidah), dan semua bersepakat atas persaksian bahwa tiada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan Allah, dan atas kenabian didalam beriman kepada Allah, kitab-Nya, rasul-Nya dan hari Qiamat.

وشدد على أن "هذه الاختلافات لا ينبغي أن نكفر بها أحدا
Kemudian beliau menekankan bahwa “ini semua hanya masalah ikhtilaf yang tidak sepatutnya kita mengkafirkan seseorang muslim karena sebab ini”.
Penterjemah al-Ustadz al-Fadlil Mukhlis Hafidzahullah, dengan beberapa penyesuai oleh “Ashhabur Ro’Yi”. Sumber utama : http://www.qaradawi.net/site/topics/article.asp?cu_no=2&item_no=6914&version=1&template_id=116&parent_id=114

0 Response to "Syaikh Yusuf al-Qaradlawi ; al-Azhar asy-Syarif, az-Zaituniyah, ad-Deoband, Nadwah al-‘Ulama, Madrasah Pakistan & Seluruh Alam Adalah Asy’ari"

Posting Komentar

Media Islam

Thariqat Sarkubiyah

NU Online